Mengatasi Bayi Cegukan yang Tak Bikin Ibu Panik

BAYI bukan berarti tidak bisa mengalami cegukan. Pasti hal itu membuatnya tidak nyaman, sehingga Anda harus mengatasinya.
 
Saat bayi cegukan, pasti akan merasa gelisah. Jangankan si kecil, orang dewasa juga akan tidak nyaman dengan kondisi cegukan.
 
Biasanya bayi mengalami cegukan usai minum ASI dan makan MPASI. Mendengar bunyi cegukan saja, sudah membuat ibu jengkel. Tentunya Anda langsung mencari cara cepat untuk mengatasinya.
 
Seperti orang dewasa, bayi cegukan disebabkan oleh kontraksi diafragma dan cepat menutup dari pita suara. Makanan juga bisa terjebak di dalam perut, sehingga membuatnya tidak nyaman.
 
Cegukan juga bisa terjadi karena makanan yang masuk ke dalam mulut, tidak langsung sampai perut. Makanan bisa tertahan di bagian diafragma, sehingga menutup jalur pernapasan. Atau si kecil bisa mengalami cegukan karena tersedak makanan atau minum susu.
 
Saat cegukan, langkah utamanya, Anda harus membuat dia bersendawa. Caranya berikan minum air putih atau menyusuinya. Tapi jika Anda tidak menginginkan hal itu, cara lainnya yakni tepuk punggung si kecil dengan lembut
 
Posisikan bayi berdiri tegak dengan memeganginya. Pasti pernapasannya akan terasa nyaman dan tidak menyebabkan gangguan cegukan lagi.
 
American Academy of Pediatrics menunjukkan, ada juga bayi yang tidak bisa diatasi cegukan dengan cara minum ASI dari botol. Anda disarankan untuk memberikan ASI langsung dengan posisi yang tepat.
 
Anda tak perlu khawatir saat si kecil mengalami cegukan. Kalau panik, masalah tidak akan selesai dan anak malah jadi rewel. Cegukan juga bisa dicegah, dengan cara tidak memberikan makan terburu-buru dan tekstur makanan harus lembut. Demikian dilansir, Sabtu (31/3/2018).
Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by AduNasib | | Designed by: video game | Thanks to seo services and seo service