Santap Mi Bakso Daging Sapi Tenderloin di Chiang Mai, Mau Coba?

Kota Chiang Mai, Thailand punya kuliner mi yang mirip dengan mi kocok Bandung. Kuahnya yang kental dengan potongan daging sapi, amat lezat disantap saat musim dingin menyapa.

Berlokasi di 89/8 Chang Klan Road, Tambon Chang Khlan, Amphoe Mueang, Chiang Mai, Thailand, kedai ialah kedai mi sapi di Chiang Mai yang cukup terkenal.

Menurut pemilik Kedai Rote Yiam Beef Noodle, Khun, kedainya sudah dikelola oleh generasi kedua. Kedainya jadi salah satu pelopor mi sapi di kawasan Chiang Mai.

Kedai ini hanya menjual mi dengan daging sapi. Meski demikian, pembeli bisa memilih ragam bagian sapi untuk isian mi ini seperti usus, paru, dan daging.

Selain isian sapi, Anda pun diminta memilih jenis mi. Ada mi pipih seperti kwetiau, mi sedang, dan bihun.

KompasTravel yang berkunjung bersama Tourism Authority of Thailand (TAT) dalam rangkaian acara Asean Travel Forum (ATF) 2018 sempat mencoba mi di Kedai Rote Yiam Beef Noodle. KompaTravel memilih mi memilih isian daging sapi dengan mi sedang untuk disantap, Sabtu (27/1/2018).

Tak perlu menunggu lama, seporsi hidangan berisikan lima bakso sapi, potongan daging, mi ukuran sedang, dan sayuran (caisim, seledri, tauge). Semuanya terendam dalam kuah berwarna coklat yang keruh akibat campuran bumbu-bumbu.

Mi putih ini lembutnya seperti bihun tetapi lebih besar. Baksonya pun padat saat dilahap, seperti bakso solo di Indonesia.

Kunci kelezatan menurut sang pemilik ialah pada dagingnya. Ia menggunakan tenderloin, atau bagian pinggang sapi yang empuk yang sedikit lemak. Dagingnya begitu mudah dikunyah, dan meresap bumbunya.

Sang pemilik mengatakan mengolah sendiri bakso dan daging. Hanya mi dan pelengkap lainnya yang ia beli di pasar. Racikan bumbu pun ia dapatkan secara turun temurun.

“Maaf kita tak bisa ngasih tahu soal bumbu apa yang dipakai,” ujar Khun, saat adunasib.com menanyakan racikan mi tersebut.

“Kuliner ini sebenarnya berkembang di bagian utara Thailand, di sekitar Chiang Mai, juga (bagian) timur laut,” terang pemandu wisata dari TAT, Shuree.

Salah satu pengunjung asal Indonesia pun tak ragu memesan untuk kedua kalinya. Namun ia hanya memesan bakso, daging, dan sayur, tanpa mi agar tak terlalu kenyang.

“Enak nih dagingnya, lembut, kerasa bumbunya. Baksonya juga,” terangnya sebelum memesan kali kedua.

Satu porsi beef noodle di sini dijual seharga 100 baht, atau sekitar Rp 43.000 dengan kurs Rp 430 untuk 1 baht.

Kedai Rote Yiam Beef Noodle ini buka mulai pukul 09.00-21.00 waktu setempat. Di jam makan siang, siap-siap berebut tempat dengan tamu hotel yang ada di sekitaran kedai.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by AduNasib | | Designed by: video game | Thanks to seo services and seo service