Serunya Jelajah Wisata Budaya ke Istana Maimun Sumatera Utara

KOTA Medan, Sumatera Utara terkenal dengan wisata alamnya yang Indah. Namun, selain menikmati wisata alam dan kota, Anda perlu menjelajahi wisata budaya dan sejarah yang tak kalah luar biasa.

Di kota Medan terdapat satu tempat wisata budaya dan sejarah yang bisa Anda kunjungi. Di sana terdapat sebuah istana yang berdiri sejak ribuan tahun lalu. Sebuah Istana Melayu yang arsitekturnya merupakan perpaduan dari 3 budaya negara di dunia.

Adalah Istana Maimun, istana yang berdiri sejak 26 Agustus 1888. Gaya arsitektur dari istana ini merupakan gabungan antara arsitektur Melayu, Arab, dan Portugis. Sejak pertama kali di bangun, Istana Maimun belum banyak mengalami proses renovasi hingga saat ini. Bahkan 98 persen bangunannya merupakan bangunan asli.

MNC Travel berserta anggota Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) mencoba menikmati Istana Maimun dengan cara yang berbeda. Di titik ruang utama bangunan, pengunjung bisa melihat pertunjukan budaya Melayu. Di sinilah Anda bisa mencoba mengenakan pakaian adat tradisional Melayu yang disediakan di istana. Setiap pengunjung bebas memilih motif dan warna pakaian yang disukai. Ini juga saat yang tepat menikmati pertunjukan adat dan budaya, seperti tari-tarian persembahan dari Sri Indra Ratu Istana Maimun.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung yang juga hadir di istana menyatakan, wisata alam yang sudah ada harus tetap dipelihara di Sumatera Utara. Tetapi, wisata budaya tidak boleh dikesampingkan, karena wisata budaya juga tak kalah menjanjikan untuk dinikmati.

“Walaupun wisata alam sudah sangat menjanjikan menurut saya wisata budaya lebih menjanjikan lagi. Tinggal bagaimana kita berkoordinasi seperti dengan ketua umum dan lain sebagainya. Kami sedang lakukan itu semua untuk mengangkat budaya yang ada di Sumatera Utara yang banyak ragamnya. Melayu saja mungkin ada 10, Batak ada 8 dari 8, itupun masih terpecah-pecah. Jadi alangkah banyaknya dan saya nanti akan buat seperti di Malaysia, Malam Minggu ada pertunjukkan tarian-tarian, Batak, Melayu, Jawa dan lain sebagainya akan kita tampilkan di kota Medan,” ujar Nurhajizah kepada MNC Travel.

Dalam hal ini Marketing Head MNC Travel, Diana Ring, menegaskan komitmennya untuk membantu pemerintah dalam hal mempromosikan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

“Pastinya pada kesempatan ini diharapan kedepan kita berhasil mencapai targetnya kemenpar (Kementerian Pariwisata) untuk mendatangkan mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia. Harapan kami, MNC travel sendiri pastinya ingin mendukung pemerintahan untuk menggali potensi budaya yang ada di Indonesia,” ucap Diana.

Acara ini pun medapat respon positif dari salah satu peserta yang pertama kali mengikuti Jelajah Wisata Budaya Bersama MNC Travel dan ASPPI.

“Justru Ini suatu hal yang baru, karena wisata budaya ini sudah banyak ditinggalkan. Orang lebih memilih wisata alam untuk wisata budaya. Ini tinggal lebih ditingkatkan lagi promosinya agar budaya-budaya yang ada di Indonesia bisa lebih maju dan lebih membuat mendatangkan devisa untuk kita. Kalau saya pasti akan mengajak teman-teman saya untuk mempromosikan memperkenalkan budaya yang kita punya yang begitu kaya yang ada di Indonesia,” kata Dani peserta dari Labuan Batu.

 

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by AduNasib | | Designed by: video game | Thanks to seo services and seo service