Yamaha XMax Bentrok dengan Honda Forza, Mana yang Terkuat?

Yamaha XMax Bentrok dengan Honda Forza, Mana yang Terkuat?

Skutik tengah merajai industri sepeda motor di Indonesia. Tak terkecuali skutik gambot yang tak kalah banyak pecintanya.

Skutik gambot yang paling populer saat ini adalah Yamaha XMax 250. Di Indonesia, Yamaha XMax 250 dibekali mesin satu silinder berkapasitas 250 cc. Sementara yang diekspor memakai mesin 300 cc. Dengan menghadirkan mesin berkapasitas 250 cc, XMax ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat untuk motor kelas 250 cc, yakni Rp 55 juta on the road Jakarta.

XMax dibekali satu fitur canggih yang dapat membantu pengendara dalam mengendalikan tunggangan saat ban belakang kehilangan traksi. Fitur yang dimaksud yakni Traction Control System atau TCS. Fitur ini umumnya terpasang pada motor-motor bermesin besar.

Nah, belum lama ini, Honda Thailand juga mengeluarkan pesaing Yamaha XMax. Namanya Honda Forza 300. Motor ini memiliki mesin 300 cc. Tidak seperti XMax di Indonesia yang lebih kecil 50 cc.

Honda Forza 300 dirilis pada gelaran Bangkok International Motor Show 2018. Sebelumnya, motor ini sudah diluncurkan di Italia dan Jepang. Di Thailand, skutik gambot ini memiliki harga jual 169.000 baht atau sekitar Rp 75 jutaan. Pihak Astra Honda Motor menyatakan belum punya rencana mendatangkan motor ini.

Skutik gambot yang dirilis di Thailand ini memiliki spesifikasi yang sama dengan keluaran Honda Eropa. Berbagai fitur menarik seperti electronic windshield, Honda Selectable Torque Control dan keyless pun juga disematkan Honda untuk pasar Thailand.

Nah, seandainya Honda Forza 300 akhirnya datang, mana kiranya yang jadi pilihan Anda?

Yamaha cukup sukses dengan kehadiran skuter Maxi andalanya, XMax. Bahkan, pabrikan asal Jepang ini siap menambah line up Yamaha XMax dengan mesin berkapasitas 125 cc.

Namun, Yamaha XMax 125 ini dikhususkan untuk pasar Eropa. Meskipun memiliki kapasitas mesin yang kecil, motor ini tetap memiliki dimensi yang bongsor, sama seperti Yamaha XMax 250, 300, atau 400. Lalu, bagaimana peluang Yamaha XMax 125 ini mengaspal di Indonesia?

Sepertinya, model tersebut (Yamaha XMax 125) berhubungan dengan regulasi lisensi atau surat izin mengemudi (SIM),” jelas General Manager After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M. Abidin.

Lanjut Abidin, untuk peluang Yamaha XMax 125 diluncurkan di Tanah Air sangat kecil, karena berbeda spesifikasi dan bakal banyak penyesuaian. “Kecil, karena kita juga tidak ada persyaratan SIM,” tegasnya.

Untuk diketahui, Selain dimensi yang besar, motor ini juga bakal dilengkapi fitur canggih, sepertiĀ  Yamaha Traction Control System (TCS) sebagai standar, dan juga pemantau kecepatan roda belakang yang bakal mengurangi tenaga saat putaran roda terdeteksi berlebih.

Untuk pengereman juga menggunakan ABS sebagai standar di pasar Uni Eropa. Rem cakram hidrolik melekat pada roda berukuran 15 inci untuk depan dan 14 inci untuk belakang. Bobot motor diklaim seberat 175 kg.Untuk spesifikasinya, Yamaha XMax 125 dipersenjatai dengan mesin 125 cc yang mampu memproduksi tenaga sebesar 14 Tk dan torsi 12 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan V-Belt dan transmisi CVT.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by AduNasib | | Designed by: video game | Thanks to seo services and seo service